Iklan Banner
banner 468 pixel

Info Bisnis Online

Selasa, 01 September 2009

Hack tag title blogspot - membuat judul post SE friendly

Judul posting merupakan hal yang sangat penting kaitannya dengan optimisasi (SEO). Tapi secara default, blogspot memberikan judul blog di depan judul posting saat halaman posting dibuka. Ini adalah tips mudah hack tag blogspot untuk mendapatkan judul yang Search Engine Friendly.

Saya akan memberikan contoh bagaimana blog dari blogger otomatis akan memberikan title pada setiap posting. Kita dapat membalik judul post di depan judul blog atau hanya menampilkan judul post saja saat halaman posting dibuka.

Sebagai contoh,
Misal judul blog adalah Tips Otimisasi. Kemudian sebuah posting diberi judul Tips optimisasi blog.

Pada saat posting itu dibuka/dibaca oleh pengunjung, maka blogspot otomatis akan menampilkan judul semacam ini:

Tips Optimiasi | Tips optimisasi blog (lihat di bagian paling atas browser Anda).

Sepintas memang tidak ada masalah. Namun judul tersebut membawa kata kunci berulang-ulang dan kurang Search Engine Friendly. Dengan meng-edit tag blog, Anda bisa menampilkan judul posting di depan judul blog atau hanya judul posting saja.

Contoh:

Lihat di bagian paling atas browser Anda. Judul blog ini adalah Blog Master. Di atas sana hanya ada judul posting yang ditampilkan. Tapi jika Anda kembali ke frontpage (beranda), maka judul blog yang akan ditampilkan. Yaitu Blog Master.

Tips hack tag title blogspot ini bertujuan untuk menghindari pemberian kata kunci berulang-ulang pada post title. Untuk mendapatkan judul posting yang Search Engine Friendly, Anda hanya perlu meng-edit tag title dan mengganti dengan yang baru. Silahkan mencoba dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:

Langkah 1

Masuk/log in ke blogger dan klik menu Layout/Tata Letak, kemudian klik Edit HTML.

Langkah 2

Cari kode <title><data:blog.title/></title> yang terletak tepat di bawah kode <head>. Hapus tag title tersebut dan ganti dengan tag-tag berikut:

<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>


Jadi... tag keseluruhannya akan menjadi seperti ini:

<head>
      <b:include data='blog' name='all-head-content'/>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
    <title><data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/></title>
    </b:if>


Simpan perubahan baru Anda, dan amati hasilnya dengan membuka salah satu posting artikle Anda. Maka dengan hack tag title di atas, judul yang akan ditampilkan ketika Anda membaca halaman posting hanyalah judul posting saja - tanpa judul blog.


1 komentar: