Iklan Banner
banner 468 pixel

Info Bisnis Online

Minggu, 30 Agustus 2009

Hack Tag Blogger

Ngga puas rasanya kalo blogging ngga sambil ngutak-atik tag atau biar keren disebut hacking blogger tag atau blogspot tweaking atau ngoprek HTML tag blogger - blogspot atau apa lah istilah yang keren buat itu. Intinya sekedar pengetahuan tentang tag-tag HTML yang menyusun blogspot Anda.

Jangan salah mengartikan hacking karena saya bukan seorang pakar hack atau seorang hacker. Saya cuman ngerti sedikit tentang ngutak-atik tag HTML yang sudah disediakan blogger dengan rapih. Dan saya selalu ngga puas denga apa yang sudah disediakan. Walau begitu, blog dari blogger (blogspot) memang boleh diutak-atik karena blogger sendiri menyediakan fasilitas edit HTML supaya pengguna bebas mengoptimiasi tampilan sesuai keinginan.

Edit HTML Tag


Untuk belajar hacking blogspot Anda harus setidaknya punya modal pengetahuan HTML. Soalnya susah ngejelasinnya kalo ngga ngerti HTML sama sekali. Ibarat ngajarin fisika kelas SMA ke anak kelas 6 SD, yang puyeng malah yang ngajarin ....

Anda akan mempelajari Blogger Tweak, hack blogspot tag atau Edit HTML tag. Untuk itu lebih pas jika blog yang akan Anda utak-atik adalah blog dari layanan blog gratis milik Blogger.com

Apa yang akan dibahas di Hack Tag Blogger?

  1. Hack Tag Title Blog - Membuat Judul Post Yang Search Engine Friendly
    Menampilkan judul posting di depan judul blog saat halaman posting tersebut dikunjungi. Dan ini akan berdampak positif dalam SEO.

  2. Membuat Blog 3 Kolom
    Secara default, template-template uang disediakan blogger adalah template 2 kolom. Anda bisa membuatnya menjadi 3 kolom dengan sedikit tweaking pada HTML Tag.

  3. Sembunyikan Navigasi Bar
    Blogger melarang Anda menghapus Navigasi bar (Tool yang ada di ujung atas blog ini). Namun Anda bisa menyembunyikannya bukannya menghapus.

  4. Hilangkan atau Sembunyikan Judul Sidebar Widget(Gadget)
    Menambahkan Gadget tentu kebiasaan semua blogger. Adakalanya Anda mungkin tidak ingin menampilkan judul Sidebar Widget demi tampilan.

  5. Menambahkan Ruang Untuk Iklan pada Header
    Header pada blogspot secara default hanya akan diisi judul dan deskripsi blog. Anda bisa melakukan tweak untuk menambahkan Widget supaya bisa dipasangi iklan banner.

  6. Membuat Custom Navigasi Link
    Persis seperti yang Anda lihat di bagian atas blog ini (di bawah judul blog), itu adalah Custom Navigasi Link untuk memberikan tautan ke posting-posting pilihan.


Materi dari nomor 1 samapai 6 adalah tautan ke posting terkait. Silahkan datang kembali ke halaman ini karena Posting akan segera dibuat dan atau ditambah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar