Iklan Banner
banner 468 pixel

Info Bisnis Online

Rabu, 26 Agustus 2009

Apa itu SEO?

SEO - Search Engine Optimization - adalah metode optimisasi halaman-halaman web agar Search Engine Friendly (mudah ditemukan oleh mesin pencari). Juga merupakan teknik dan strategi promosi online dengan memanfaatkan mesin pencari sebagai alat promosi gratis.

Bagaimana sebuah halaman web ditemukan oleh mesin



Search Engine (kita singkat saja "SE") adalah Robot Perayap atau Spider Robot akan menelusuri web dan mencatat temuannya kemudian memasukan ke dalam index atau database. Sehingga ketika pengguna mengetikan kata kunci di kotak pencarian, SE dapat menyajikan laporan hasil temuan sesuai permintaan pencarian (Query Search).

Sebagai contoh,
misal Anda mengetikkan kata kunci wisata Indonesia pada SE Google, sesaat kemudian Anda akan diberi laporan daftar halaman-halaman web yang relefan dengan permintaan Anda. Daftar halaman-halaman web itu akan diurut mulai dari nomor 1 (yang ter-atas) sampai 100 sesuai tingkat kesesuaian Query Search. Halaman web yang ditampilkan di urutan ter-atas yang dianggap paling relefan.

Untuk apa SEO



Jutaan website baru muncul setiap hari di internet. Merupakan kesulitan bagi pengguna untuk menghapal nama-nama website atau mencatatnya ke dalam buku harian. Untuk itu mereka menggunakan SE untuk menemukan segala informasi yang dibutuhkan. Seperti yang kita tau, jutaan orang menggunakan SE setiap hari untuk mencari informasi. Pencarian akan menghasilkan temuan relefan dengan kata kunci. Sehingga SE juga merupakan alat untuk memudahkan Anda dalam menemukan apa yang Anda cari.

Bagi para pemilik website, SE adalah alat marketing gratis yang paling efektiv. SE dapat mengirimkan ribuan bahkan jutaan pengunjung ke suatu website tanpa memungut biaya apapun dari si pemilik website. Dengan mendapat banyak pengunjung setiap hari, sebuah website akan sangat bernilai dan mampu menjadi mesin uang otomatis bagi si pemilik.

SEO adalah strategi marketing yang diupayakan hampir oleh semua webmaster. Dengan mendapat banyak pengunjung dari SE, mereka tidak perlu lagi membayar iklan untuk mempromosikan website. Sekali mereka mendapat posisi bagus pada Search Result, mereka hanya tinggal memetik keuntungan-keuntungan darinya.

SEO juga merupakan upaya menempatkan posisi website agar lebih baik pada halaman hasil pencarian kata kunci tertentu dan unggul di antara banyak halaman website lain.

Untuk siapa SEO itu?



Para webmaster mengusahakan sedemikian rupa agar mendapat posisi terbaik pada pencarian kata kunci mereka. Dengan menempati urutan pertama pada pencarian, hasil dari upaya SEO dapat memangkas secara significant biaya promosi online bagi website-website komersial.

Namun tidak semua webmaster mengupayakan SEO. Website non-komersial dan hanya digunakan untuk lingkungan tertentu tidak memerlukan SEO. SEO akan sangat dibutuhkan oleh para webmaster yang menjalankan bisnis online atau mereka yang membangun web untuk menghasilkan uang.

Traffic atau arus pengunjung adalah kekayaan bagi sebuah website. Mengingat SE merupakan alat yang digunakan hampir oleh semua pencari informasi di internet, menempati posisi pertama pada pencarian dapat menjadikan sebuah website bernilai uang. Karena semakin tinggi kunjungan yang dihasilkan, akan semakin mahal setiap ruang di halaman-halaman website.

1 komentar: