Iklan Banner
banner 468 pixel

Info Bisnis Online

Jumat, 28 Agustus 2009

Strategi Linking

Strategi mempromosikan website dan meningkatkan ranking di search result dengan teknik linking.

Jika Anda sudah memiliki website atau blog yang online dan siap untuk dipromosikan, maka selain terus meng-update konten dan mengoptimisasi setiap halaman, maka pastikan website lain nge-link ke website Anda. Banyaknya link yang datang dari website lain dapat mempengaruhi tingkat kepopuleran sebuah website, dan menjadikannya menempati urutan atas dalam pencarian.

Backlink



Backlink adalah link yang ada di halaman website lain yang menuju ke suatu halaman di website Anda. Search Engine akan menilai kepopuleran sebuah halaman web atas dasar backlink atau link dari website lain yang menuju padanya. Semakin populer sebuah halaman web, maka akan semakin baik posisinya di search result.

Bagaimana cara mendapatkan backlink?


Membuat Artikel Orisinil dan Berbobot

Seorang webmaster yang menulis artikel panduan mungkin akan mengkaitkan tulisannya dengan artikel dari website lain. Maka ia akan memberikan link untuk mereferensikan pembaca ke sumber lain yang relefan. Teknik ini selain mempermudah memberikan penjelasan pada tutorial Anda, juga akan mengurangi pekerjaan menulis Anda.

Maka jika Anda memiliki artikel atau informasi penting yang spesifik, seorang webmaster mungkin butuh menautkan artikelnya dengan artikel Anda. Ini adalah cara yang paling natural untuk mendapatkan backlink yang relefan.

Sebagai contoh:
Anda mungkin ingin menulis tentang ilmu komputer. Akan ada banyak istilah di dalam artikel Anda. Mungkin saja istilah-istilah asing itu tidak dimengerti oleh pembaca. Anda bisa menautkannya ke wiki agar Anda tidak perlu repot-repot membuat daftar istilah di website Anda. Ini juga akan mengurangi pekerjaan menulis. Karena Anda hanya perlu fokus dengan apa yang akan Anda tulis tanpa perlu menyebrang menjadi penulis ensiklopedi.

Bertukar link dengan webmaster lain yang memiliki tema relefan

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua backlink akan mendongkrak peringkat halaman Anda. Hanya link dari halaman-halaman relefan saja yang dapat meningkatkan ranking. Search Engine bertugas mencari laporan halaman yang sesuai dengan query search. Untuk itu pertimbangkanlah bertukar link dengan website yang memiliki konten sejenis dengan website Anda.

Sebagai contoh:
Jika website Anda bertema tentang komputer, maka akan sangat baik jika Anda bertukar link dengan website yang membawa konten seputar komputer, hardware dan software.

Menawarkan Tukar Link

Anda bisa menggunakan strategi ini untuk meningkatkan jumlah backlink Anda. Berikan satu halaman khusus dengan form email untuk menawarkan kerja sama tukar link dengan webmaster lain. Anda bisa meminta webmaster lain yang memiliki konten sejenis untuk bertukar link dengan Anda. Dengan ini Anda bisa menentukan link dari website apa yang Anda inginkan.

Hal-hal penting lainnya dalam perencanaan web adalah:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar