Iklan Banner
banner 468 pixel

Info Bisnis Online

Kamis, 27 Agustus 2009

Navigasi Halaman dan Peta Situs

Teknik SEO untuk membuat halaman-halaman web mudah dieksplorasi baik oleh pengunjung maupun oleh mesin pencari. Optimisasi yang baik dapat dengan cepat meningkatkan ranking halaman web di SREP.

Link adalah navigasi dalam website yang berguna untuk memudahkan pengunjung menelusuri apa saja yang tersedia dalam situs itu. Memberikan kemudahan navigasi pada halaman-halaman web merupakan teknik seo untuk menjadikan halaman-halaman web user friendly dan SE friendly.

Navigasi Halaman



Yaitu link-link statis (static links) yang terdapat di dalam situs untuk menghubungkan halaman-halaman lain yang terkait dengan konten. Static Links berguna untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung baik manusia maupun robot perayap untuk menelusuri semua konten dalam website.

Situs yang baik adalah situs yang kontennya selalu diperbaharui dan ditambah serta tersedia pula link navigasi. Anda boleh saja menambah banyak halaman web namun harus memastikan semua dapat diakses dari satu tempat.

Navigasi Pada Blog


Jika Anda pengguna Blogger, secara default blog sudah memiliki link navigasi yang memudahkan pembaca untuk mengeksplorasi semua halaman posting Anda. Namun ada kalanya Anda mungkin ingin memberikan tautan ke posting-posting pilihan.

Posting-posting terdahulu dapat diakses melalui link arsip post. Ini menyebabkan kecenderungan pengunjung malas membuka-buka file yang sudah lama. Padahal informasi yang ada mungkin saja masih berguna. Maka jika Anda ingin posting lama juga terbaca oleh pengunjung, Anda bisa memberikan link statik ke halaman tersebut dari pada hanya melalui link arsip.

Peta Situs atau Sitemap



Seperti halnya dengan peta, situs akan lebih mudah dibaca keseluruhan isinya baik oleh manusia maupun robot perayap. Untuk menjadikan website lebih SE friendly, maka sebuah file sitemap harus ada di dalamnya. File ini berisi sekumpulan link-link yang menghubungkan halaman-halaman di dalam sebuah website.

Sitemap membantu SE dalam mengindex sebuah situs. Sitemap ini akan memberitahu kepada pengunjung (robot dan manusia) bahwa ada apa saja di dalam situs. Sitemap dapat berupa file xml atau rss feed. Untuk lebih jelasnya mengenai sitemap ini Anda dapat mengunjungi pusat bantuan webmaster di http://google.com/webmasters/tools.

Tips untuk pengguna Blogger
Blog Blogger sudah tersedia sitemap secara built in. Anda tidak perlu membuat sitemap untuk blogspot Anda. Walau demikian, Anda mungkin ingin mendaftarkan sitemap Anda di layanan google webmasters tools.

Alamat sitemap blog Anda adalah http://nama-blog-anda.blogspot.com/feeds/posts/default

Hal-hal penting lainnya dalam perencanaan web adalah:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar