Iklan Banner
banner 468 pixel

Info Bisnis Online

Rabu, 26 Agustus 2009

Optimisasi meta tag dan judul halaman

Teknik dan strategi SEO untuk membuat halaman-halaman web atau blog Anda menjadi lebih baik dan membantu penempatan posisi di SREP.

Tag Title Dalam SEO



Judul adalah bagian yang sangat penting dalam SEO. Seperti ketika Anda akan membaca sebuah buku yang berjejer di rak buku, Anda akan membaca judulnya dulu sebelum mengambil satu buku untuk dibaca.

Begitu juga dengan Search Engine (SE). Robot SE akan menelusuri sebuah halaman web dan memulai proses membaca dari Tag Title hingga semua text yang terkandung di halaman tersebut. Untuk memberikan informasi yang relefan kepada SE, Anda harus memberikan Tag Title yang sesuai dengan isi halaman.

Dalam tag HTML, judul halaman web akan diapit oleh Tag Title. Tag ini terletak di antara tag <head> dan tag </head>. Lihat contoh di bawah ini:


<html>
    <head>
       <title>Teknik SEO</title>
    </head>


Dengan menggunakan text editor seperti NotePad, Anda bisa dengan mudah menemukan tag title di bagian paling atas setelah tag Head pada susunan tag-tag HTML.

Untuk pengguna Blogspot atau Blogger

Judul posting artikel yang Anda buat otomatis akan menjadi judul halaman. Untuk itu pastikan Anda memberikan judul posting yang Search Engine Friendly. Beberapa artikel ditemui dengan memberikan judul dengan karakter aneh dan sangat tidak menguntungkan dalam SEO.

Tips untuk pengguna Blogger

Memberikan judul terlalu panjang akan menghasilkan penamaan file yang aneh. Sebagai contoh, judul artikel di bawah ini akan memberikan penamaan aneh:

Judul Artikel: Strategi SEO untuk meningkatkan rangking di Search Engine

akan menghasilkan output file:

http://alamat-blog.blogspot.com/2009/08/strategi-seo-untuk-meningkatkan-ran.html


Anda tau apa yang aneh..?

Blogger otomatis akan memotong judul yang terlalu panjang dan menyesuaikannya secara default. Meskipun pada Tag Title tetap diberikan judul yang lengkap, nama file itu tidak menguntungkan dalam SEO. Solusi untuk itu adalah..

  • Tulis judul Anda dalam 3 kata mengandung kata kunci

  • Submit atau Terbitkan Entri

  • Edit posting yang baru Anda submit kemudian berikan judul lengkap yang lebih panjang - namun tidak terlalu panjang.


Cara tersebut akan memberikan Tag Judul sekaligus nama file yang SE Friendly. Karena penamaan file juga sangat mempengaruhi dalam SEO. Nama file teknik-seo.html jauh lebih baik dari pada artikel.html. Anda tau di mana bedanya..?

Meta Tag Description dan Keywords dalam SEO



Search engine juga menginginkan informasi relefan untuk ditampilkan di Search Result. Salah satunya adalah isi dari tag description - konten yang paling sering ditampilkan pada Search Result.

Anda dapat memberikan tag description pada susunan HTML Anda setelah tag Title. Sebagai contoh, perhatikan susuan tag berikut:


<html>
    <head>
       <title>Teknik SEO</title>
       <meta content="Teknik SEO untuk mendapatkan peringkat lebih baik di Search Engine" name="description"/>

       <meta content="teknik seo, strategi marketing, internet marketing, optimisasi, strategi promosi" name="keywords"/>
    </head>


Anda dapat menyisipkan kata-kata kunci di dalam tag description tanpa diulang-ulang. Tag description sebaikanya tidak terlalu panjang (180 karakter atau maksimal 30 kata). Tag ini akan mewakili keseluruhan isi halaman Anda. Tugas Anda selanjutnya setelah tag description adalah menuliskan artikel yang sesuai dengan deskripsi yang Anda buat.

Tag keywords dapat membantu SE untuk menelusuri isi halaman Anda. Anda dapat memberikan clue atau petunjuk pada setiap artikel sesuai daftar kata kunci yang Anda tulis di dalam tag keywords. Berikan daftar kata atau frasa kunci dipisahkan dengan koma maksimal 1000 karakter. Pastikan Anda hanya menambahkan kata kunci yang benar-benar sesuai dengan isi halaman-halaman Anda.

Hal-hal penting lainnya dalam perencanaan web adalah:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar